Resep Ayam Asam Manis

By Dewi M - October 31, 2017


Bosan dengan menu ayam yang gitu-gitu aja? Lagi lagi ayam goreng! Kayak di rumah saya, kalau beli ayam bisa untuk 2-3 kali masak. Kadang-kadang bingung mau kreasikan menu, yaaah mau gak mau ya di goreng. Naaah, untuk menghindari kebosanan yuuk kita coba salah satu resep olahan ayam yang gak kalah enak dari ayam goreng. 😂 Lagi pula kalau beli di luaran lumayan menguras dompet, bikin meringis booo harganya.
Ternyata juga nih bikinnya gak ribet kok bu, ibu.

Resep hasil kreasi saya sendiri.

Monggo di catet resepnya!

Ayam Asam Manis

Bahan:

Ayam Tepung


250gr Ayam Potong (potong kecil)
6 sdm tepung bumbu
3 sdm tepung beras
Sejumput soda kue
Merica bubuk secukupnya
6 sdm air
Minyak untuk menggoreng


Saos

1/2 siung bawang Bombay
3 siung bawang putih
3 sdm saus tomat del Monte
2 sdm saus tomat abc
2 sdm saus extra pedas del Monte
1 sdt merica bubuk
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya
1 buah lombok merah besar (iris)
1 buah tomat (potong-potong)
1 buah wortel (potong sesuai selera)
1/2 biji timun (potong sesuai selera)
2 sdm tepung maizena (dilarutkan)


Cara Membuat:
- Ayam Tepung
1. Cuci bersih ayam yang telah dipotong-potong.
2. Larutkan 3 sdm larutan tepung bumbu kedalam air sebanyak 6 sdm (adonan basah)
3. Di wadah terpisah campur 3 sdm tepung bumbu dan 3 sdm tepung beras kemudian masukkan soda kue dan merica bubuk, aduk sampai rata (adonan kering).
4. Celupkan ayam ke dalam adonan tepung basah kemudian masukkan kedalam adonan tepung kering, balurkan hingga seluruh permukaan tertutup tepung.
5. Panaskan minyak goreng di wajan.
6. Setelah minyak panas, masukkan ayam yang telah terbalur tepung.
7. Goreng hingga kecoklatan, tiriskan.
8. Tata ayam di atas piring


- Saos
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Tambahkan air ke dalam tumisan, tunggu hingga mendidih.
3. Setelah mendidih masukkan wortel.
4. Tambahkan saos tomat del Monte, saos tomat abc dan saos extra pedas del Monte.
5. Tambahkan merica bubuk, gula, garam dan lombok merah besar yang sudah diiris. Kemudian cicipi rasanya.
6. Jika wortel dirasa sudah matang, masukkan timun, tomat dan larutan tepung maizena.
7. Aduk hingga merata setelah itu matikan api.
8. Siramkan saos ke atas ayam tepung yang telah tertata di piring.



Selamat Mencoba, selamat menikmati.
Jangan lupa dibagi kalo udah jadi 😁.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments