5 Tips Agar Wajahmu Selalu Mulus Bebas Jerawat, Simple Banget!

By Dewi M - October 30, 2018

Sumber gambar: pexels.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya setiap wanita mendambakan kulit wajah yang mulus bebas jerawat. Wajah yang mulus nyatanya memang terlihat lebih segar, bersih, serta sedap dipandang dibandingkan dengan wajah berjerawat. Namun, masalah jerawat terkadang tak dapat dihindari bagi sebagian orang. Jikalau sudah begitu beragam cara biasanya akan dilakukan agar jerawat menghilang dan tak balik lagi. Bahkan banyak wanita yang rela pergi ke salon kecantikan demi menjaga wajahnya agar tetap mulus tanpa jerawat. Padahal untuk ke salon kecantikan dibutuhkan biaya yang tak sedikit. Tak jarang dompet pun menangis dibuatnya.

Padahal nih, ada cara mudah yang bisa dilakukan agar kamu memiliki wajah mulus dan terhindar dari jerawat. Meskipun demikian, tak banyak wanita apalagi ibu-ibu yang punya aktivitas segudang mau melakukan beberapa kegiatan rutin demi menjaga kecantikan kulit wajah. Memang benar banyaknya aktifitas yang harus dikerjakan membuat ibu rumah tangga macam saya terkadang tak sempat malas memikirkan masalah kulit wajah. Lha, wong mikirin ngurus anak-anak aja sudah bikin badan kurus!

Tetapi seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa menjaga kecantikan wajah bagi emak berdaster juga sangat penting. Bukan agar kita bisa selfie, jeprat jepret tanpa perlu bersusah payah ngedit pakai aplikasi yang jahatnya tingkat dewa. Namun juga demi kepuasan diri kita sendiri. Masa sih kamu pada enggak senang punya kulit mulus tak berjerawat? Pasti senang, kan! Selain itu meskipun tak berdandan wajah kita akan tetap terlihat cantik alami, dan nyaman untuk dipandang. 
  
Jika dulu kulit wajah saya kusam, terasa kering, kadang-kadang berminyak (minyaknya keterlaluan pula) dengan sedikit jerawat membandel. Setelah menerapkan beberapa langkah secara rutin setiap harinya, wajah yang tadinya tak terawat tersebut, akhirnya mulai menunjukkan perubahan. Alhamdulillah, tak ada lagi minyak serta jerawat yang hinggap di wajah. Wajahpun terlihat lebih segar dan tidak terasa kering.

Jadi, apa sih yang harus dilakukan agar kulit wajah kita tetap segar, mulus, dan ditinggalkan oleh jerawat? Caranya mudah banget, kok! Tapi harus dilakukan secara rutin. Yuk, ah langsung saja cekidot:

1. Rajin Mencuci Muka

Sumber gambar: miignon.com

Dulu saya malas banget yang namanya mencuci muka, apalagi malam hari menjelang tidur. Biasanya setelah menemani anak-anak bermain, tubuh akan terasa lelah dan yang paling nikmat adalah berbaring. Sialnya, kalau badan sudah ketemu yang empuk-empuk bawaannya males bergerak lagi. Daripada cuci muka, basah-basahan lagi, mending lanjut tidur.

Ternyata kebiasaan saya tersebut sangat tidak baik untuk kulit wajah, hasilnya kulit wajah saya gampang jerawatan dan lama kelamaan wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Jadi sebaiknya rajin-rajinlah untuk mencuci muka, terutama pada malam hari sebelum tidur (meskipun tidak sedang mengunakan make up sebelumnya). 

Jika wajah kamu sudah terlanjur berjerawat, sebaiknya pakailah make up hanya selama 4 - 5 jam saja, Jadi gini, sebagian orang memiliki kulit yang lumayan sensitif dan mudah sekali berjerawat, bahkan kalau sudah jerawatan biasanya susah hilang. Nah, ada baiknya jika memakai make up, setiap 4 - 5 jam sekali lakukan re-touch (cuci dengan sabun muka setelah itu boleh gunakan make up lagi). Memang merepotkan tapi cara ini ampuh bagi mereka yang memiliki jerawat membandel.

Jadi intinya jangan biarkan make up menempel lama di wajah cantikmu, ya! Rajin mencuci wajah agar terbebas dari tumpukan make up dan kotoran mampu membuat kulit wajah saya terlihat lebih melek.


2. Pakailah Sunblock

Memakai sunblock ternyata penting banget bagi kesehatan kulit wajah, meskipun kita tidak sedang berada di pantai, lho! Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemakaian sun block, seperti melindungi kulit wajah kita dari paparan sinar matahari, mencegah timbulnya flek hitam, menjaga kulit wajah dari penuaan dini, sampai menjaga elastisitas kulit.

Pilihlah sunblock khusus untuk kulit wajah dan jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Aplikasikan sunblock pada wajah beberapa menit sebelum memakai make up andalanmu, ya! Dengan begitu kulit wajahmu akan lebih terlindungi.


3. Pakailah Pelembab

Sumber gambar: sindonews.com

Selain sunblock, memakai pelembab juga sangat baik dilakukan agar kulit wajah selalu sehat terawat. Pelembab akan membantu menjaga kulit wajah agar tetap terjaga dan tidak kering. Dengan demikian wajahmu akan selalu terlihat segar serta lebih bercahaya. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah terhindar dari penuaan dini. 

Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya! Karena tak semua orang memiliki jenis kulit serupa. Ada yang memiliki jenis kulit berminyak, kering, berjerawat, sensitif, dan juga normal. Jadi jangan sampai salah memilih pelembab wajah. Selain itu perhatikan kandungan dari setiap produk kecantikan yang kamu beli. Jangan sampai kamu memilih produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Pilihlah produk yang benar-benar aman dan terdaftar dalam BPOM.


4. Jangan Sampai Salah dalam Mengaplikasikan Krim Kecantikan

Sumber gambar: hipwee.com

Meskipun jarang sekali terjadi, namun tak ada salahnya untuk mengetahui hal remeh ini. Ingatlah bahwa krim siang atau day cream dapat digunakan pada saat pagi, siang, sore, bahkan ketika kita nongkrong bersama teman di malam hari sebelum mengaplikasi bedak dan kawan-kawannya di wajah. Namun tidak dengan krim malam atau night cream. Krim malam hanya boleh dipakai 1 jam sebelum tidur pada malam hari dan tidak boleh memakai make up setelahnya.

Jangan sampai salah kaprah. Meskipun namanya krim malam, bukan berarti jika ingin jalan-jalan atau kondangan pada malam hari lantas memakai krim malam sebagai alas make up, Salah memakai krim kecantikanmu seperti ini akan membuat wajah mulusmu penuh dengan jerawat. Bahkan jerawatnya ogah pergi meski sudah diusir pakai krim penghilang jerawat paling ampuh sekalipun.

Jadi sebelum memakai krim kecantikan apapun sebaiknya pelajari dahulu bagaimana cara pemakaiannya agar tidak terjadi kesalahan yang tak diinginkan.


5. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup dan Perbanyak Makan Sayur

Sumber gambar: hellosehat.com

Selain baik untuk kesehatan tubuh, minum air putih dalam jumlah yang cukup ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga akan menjadikan kulit menjadi lebih segar dan terhindar dari kekeringan.

Disamping minum air putih dalam jumlah yang dianjurkan, perbanyak makan sayuran serta buah-buahan juga akan membantu menjaga kulitmu agar tetap lembab. Di samping itu kulit akan jauh lebih sehat, segar, bercahaya, serta jauh dari flek hitam dan tanda-tanda penuaan dini.

Mulai sekarang rajin-rajinlah merawat kulit wajah agar selalu terjaga kecantikannya. Menjaga kulit agar tetap mulus tak sesusah kelihatannya, namun memang dibutuhkan ketelatenan. Jadi, sisihkan sedikit waktumu untuk memperhatikan kesehatan kulit wajahmu agar wajahmu terlihat lebih segar, mulus, serta bercahaya.

Tak perlu perawatan wajah yang rumit dan memakan banyak waktu apalagi hingga ke salon kecantikan, cukup perhatikan 5 poin di atas dan laksanakan secara rutin. Bukan tak mungkin kulit mulus akan bisa didapatkan.

  • Share:

You Might Also Like

36 comments

  1. Dari 5 tips di atas, yang paling sering kelewat itu malah nomer 5, padahal minum air putih yang cukup penting ya buat kesehatan kulit. btw makasih tipsnya ya mbak, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak! Kadang lebih suka nyeruput kopi daripada air putih. Hehehe

      Delete
  2. tulisan ini cocok bangett.. tapi yang sering terlewat adalah minum air putih dan pakai pelembab. kalo jerawat udah datang baru deh kebingungan hehe

    ReplyDelete
  3. pengingat buat emak kayak saya ini, agar tak terlupa buat cuci muka... terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo cuci muka wajib hukumnya. Jangan sampai terlewat atau jerawat bakal mampir.

      Delete
  4. Aku sangat jarang pakai sunblock hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, mulai sekarang pakai Mbak. Ternyata penting banget, lho pakai sunblock/sunscreen

      Delete
  5. Cocok banget Mba.. aq jarang pake sunblock paling BB cream Yg ada UV ptotectioannya..Sama aja mungkin yaa hhe

    ReplyDelete
  6. Tips yang oke banget.... yang sering aku lakukan adalah cuci muka di malam hari dan minum air putih. Alahmdulillah kulitku ga terlalu kusam amat.. Memang sih mba pengalaman zaman old, aku juga dulu jarang cuci muka and than akhirnya kulit kaya keriput, alhamdulillah skrg sudah jadi rutinitas, semoga tetap istiqomah menjalaninya.... SEmangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya zaman old males banget cuci muka akhirnya wajah penuh jerawat. Untung bisa hilang n gak berbekas. Sekarang dah kapok, jadi rajin banget cuci muka. Hehehe

      Delete
  7. Suka dgn yg no 4.
    Dulu suka bingung klo mau kondangan malam pake day cream atau night cream sebelum make up qiqiqiii..
    Ketemu ya jwabannya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Night cream gak boleh dicampur maka up, yess Bun. Bisa jerawatan nanti.

      Delete
  8. Duh, jadi malu. Saya paling gak suka ribet dengan perawatan muka. Setiap mandi cuci muka dah gitu aja. Padahal, perawatan kulit rutin penting banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih muda gak terlalu ngefek, mbak. Tapi kalo udah mulai tuir macam saya, biasanya kulit terlihat kusam kalo gak dirawat.

      Delete
  9. Kalau aku kayaknya kurang minum air putih & makan sayur deh mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang ini sepertinya masalah saya juga. Terutama minum air putih.

      Delete
  10. Alhamdulillah, barusan nemu night cream yang cocok untuk kulitku. Sayangnya, gak tahu harus beli di mana kalau udah abis soalnya ini dikasi student suami dan tuh student udah lulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli online, bun. Kali aja ada yang sama. hehehe

      Delete
  11. Krim Malam kadang saya lupa, akhirnya enggak kepake lagi 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata ahli kecantikan pemakaian krim malam itu pentng. lho. biar kulit tetap terjaga kelembabannya. Tapi saya pun kadang masih malas2an memakainya.

      Delete
  12. Bener nih kak, kita musti sering sering cuci muka. Untuk mengi kotoran wajah menumpuk akhirnya menyumbat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Mbak! Tapi kadang hal sepele ini masih sering dilalaikan. hehehe

      Delete
  13. Baru aja kemarin beli sunblock mbak..ternyata berguna banget yaa

    ReplyDelete
  14. Terima kasih tipsnya mbak... Merawat wajah biar tidak kusam,perlu telaten. Kadang kalau sudah ngeloni bocil lupa belum pakai krim malam. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah semua emak2 kayaknya ini. Kadang sampai lupa cuci muka juga.

      Delete
  15. Nomor satu selalu saya lakukan, tapi kadang-kadang lembur, jadi terlambat untuk membersihkannya. Si bandel pun nongol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun begitu, kalau malas cuci muka pasti jerawatan.

      Delete
  16. Yg pemilihan krim itu... huhu jadi inget saat ini krn godaan iklan pilih krim itu... ndilalah wajah jd kasar
    Balik lg ke yg lamaa haha

    ReplyDelete
  17. Kalau sudah usia 30+ apakah pelembab sudah harus ganti jenis ya, kalau sebelum 30 kan pakai yang ala remaja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai krim yang khusus anti aging kali, ya Bun! Eh, bener gak, ya? hehehe

      Delete
  18. Duh, saya kadang kalo udah capek udah ngga mikirin cuci muka lagi langsung plek tidur.padahal ini yang bahaya banget buat jerawat, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan deh, bun. Mending cuci muka dulu biar wajah tetap bersih.

      Delete