Membawa Balita dalam Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil? Berikut Tipsnya Agar Tak Rewel!

By Dewi M - October 14, 2018


Sumber gambar: mommiesdaily.com


Melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil dengan membawa serta anak-anak bukanlah perkara sepele. Seperti yang baru-baru ini saya alami. Ya, kami sekeluarga -yang isinya saya, Pak Suami, Anak Wedok (4 tahun), dan anak lanang (2 tahun)- harus menempuh perjalanan Berau - Samarinda yang memakan waktu kurang lebih 12 jam, bahkan bisa lebih. Meskipun ini perjalanan kedua saya menuju Samarinda menggunakan mobil, namun membayangkan perjalanan yang akan dilalui saja sudah membuat mata berkunang-kunang. Bayangin aja, 12 jam membawa 2 balita! Gimana caranya coba membuat mereka anteng dan anti rewel. 

Berbekal pengalaman perjalanan sebelumnya. Saat itu kami memutuskan untuk berangkat pukul 4 sore, yang berarti kami akan menembus lebatnya hutan Kalimantan pada malam hari dan sampai Samarinda keesokan paginya. Tak disangka, meskipun membosankan dan juga lumayan menyeramkan, sepanjang perjalanan anak-anak tidak rewel. Ya iyalah, kan malam waktunya mereka tidur. Maka diperjalanan kali ini kami memutuskan untuk melakukan hal yang sama dan hasilnya pun sama seperti perjalanan sebelumnya. Aman dan lancar. Hanya saja kasihan yang nyupir harus lebih fokus saat menyetir dan tidak boleh MENGANTUK. 

Masalahnya kami tidak bisa melakukan hal sama saat perjalanan pulang dari Samarinda ke Berau. Kami tak berani mengambil resiko memasuki wilayah hutan Berau pada dini hari.Dapat dipastikan kami bakal terjebak oleh kabut, persis di film-film horror. Kalau sudah begitu, dijamin bakalan susah ngelihat jalan. Jadilah saya harus mencari beribu cara untuk mengalihkan perhatian anak agar anak tak rewel di dalam mobil selama perjalanan yang lumayan panjang. 

Banyak hal yang saya lakukan untuk mengantisipasi kerewelan anak-anak, diantaranya:

1. Menyiapkan Bantal dan Selimut

Kalau yang satu ini wajib disediakan jika ingin melakukan perjalanan yang lumayan jauh. Tujuannya supaya anak-anak merasa nyaman saat tidur di dalam mobil di sela perjalanan.

2. Menyiapkan Mainan

Bawalah mainan yang disukai anak dan letakkan di dalam mobil dengan begitu anak bisa menghabiskan waktu dengan bermain selama dalam perjalanan. 

3. Jangan Lupa Bawa Cemilan, Moms!

Cemilan juga penting. lho Moms! Biasanya anak-anak suka ngemil selama perjalanan dengan begitu mereka akan lebih anteng. Selain cemilan tak ada salahnya juga jika ingin membawa bekal (nasi beserta rombongannya) untuk dicemil di jalan. 

4. Sesekali Berhenti

Tak ada salahnya mengambil waktu sejenak untuk berhenti, baik itu di warung atau di tempat tertentu untuk makan (jika membawa bekal). Selama perjalanan kami berhenti 2 kali untuk makan dan membiarkan anak-anak untuk sekedar berlarian yang memakan waktu 1 jam sekali berhenti. Tanpa disadari hal ini mengurangi rasa bosan yang mendera mereka, lho Moms! Hasilnya mereka tetap gembira saat harus melanjutkan perjalanan. 

Beruntungnya kami yang berangkat pagi dari Samarinda. Selain hijaunya pepohonan yang menjulang tinggi di kanan kiri, sesekali kami jumpai satwa liar saat melintas.

 Gambar: jepretan sendiri

Bisa dibayangkan betapa bahagianya rona wajah ke dua balita tadi! Melihat monyet di habitatnya merupakan kebahagiaan yang tak terkira bagi mereka. Walaupun bagi kami pertanda perjalanan akan tertunda beberapa menit ke depan. Tak apalah, yang penting mereka happy. Anak happy berarti no rewel



5. Siapkan VCD atau Flash Drive Berisi Lagu Anak

Nah, jurus satu ini sangat ampuh untuk mengusir rasa bosan pada anak-anak. Saat mereka mulai terlihat gelisah, putar saja lagu anak. Biasanya sih semangat mereka anak timbul kembali dan gak jadi rewel.

Perjalanan yang tadinya horror buat saya, nyatanya tak semenyeramkan itu. Melewati jalan beraspal yang terkadang tak mulus (bahkan bisa membuat isi mobil terombang ambing) dengan suguhan pemandangan hijaunya hutan Kalimantan Timur bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Nah, bagi Mommy yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil bisa banget menerapkan cara-cara sederhana di atas. Semoga berhasil!


  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Seru bgt sih mba jln2 nya.... Seru campur deg2an gak sih bawa anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya deg2an, mbak. Takut anak2 pada rewel. Ternyata gak seseram bayangan. Asal kebutuhan mereka tersedia, Insya Allah aman. Hehehe

      Delete
  2. iya bener mba kalau anak-anak kami harus sedia banyak cemilan favoritnya, video di tablet buat ditonton 3 balita, plus harus banget berhenti sejenak biar mereka gak pegel duduk di car seatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting anak2 bahagia, perjalanan lancar, ya Mom!

      Terima kasih sudah mampir, Mom.

      Delete