Penting, Hal Hal Sepele Ini Wajib Diketahui Ibu Hamil Sebelum Lahiran!

By Dewi M - October 26, 2018

Pernah enggak sih kebayang di benak ibu-ibu sekalian bahwa perjuangan seorang ibu belum berakhir mana kala baby dalam kandungan berhasil launching ke dunia ini dengan lancar? Dulu saya sempat berpikir, betapa asyiknya ketika baby dalam perut yang telah dinanti-nanti lahir. Berat badan bisa normal, tak perlu lagi merasakan sakit pinggang akibat perut yang semakin membesar, serta tak perlu bolak-balik ke kamar mandi karena rasa kebelet pipis yang sebentar-sebentar datang.

Sumber gambar: merdeka.com

Ternyata, dugaan saya tak sepenuhnya benar, Mom! Ya, memang keluhan-keluhan ala ibu hamil yang saya rasakan selama kehamilan hilang dalam semalam, namun ada persoalan baru yang lebih menentang di depan mata. Jika sebelum punya bayi saya bisa bebas tidur kapan saja tanpa takut terganggu, setelah ada bayi yang harus dirawat, waktu tidur saya tentu saja amburadul. Bahkan saat malam harus bergadang demi menyusui si buah hati setiap 2 jam sekali. Gimana dengan jam tidur siang? Setali tiga uang dengan jam tidur pada malam hari. Tidur siang pun tak bisa pulas, karena kewajiban memberikan ASI 2 jam sekali. 

Tak hanya jam tidur saja yang terganggu, banyak hal lain yang masih harus disesuaikan dengan hadirnya buah hati ke dalam kehidupan kita. Saya termasuk orang yang telat mengetahui hal-hal penting yang harus kita ketahui sebagai ibu baru. Maklum, saat itu saya tidak mengerti akan pentingnya informasi yang WAJIB diketahui oleh semua ibu pasca melahirkan. Singkat kata, saya merasa bisa menjalani peran saya sebagai seorang ibu meskipun tanpa persiapan sebelumnya. Hanya perasaan yakin dan bisalah yang saya punya saat itu. 

Kenyataannya ilmu seputar bagaimana cara merawat bayi, laktasi, parenting sangatlah diperlukan! Thanks God, saya hidup di zaman yang serba canggih, sehingga dengan mudah mencari informasi yang diperlukan lewat internet. Tetapi tetap saja, ada perasaan menyesal, mengapa tidak dari dulu saya membaca artikel seputar ibu dan bayi. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi pada kamu, calon ibu baru. Ada baiknya jika kamu mengetahui hal-hal penting di bawah ini:

Carilah Informasi Penting Seputar Laktasi

Sumber gambar: psychologymania.com
Sebelum melahirkan sebaiknya calon ibu perbanyak membaca mengenai laktasi yang meliputi bagaimana cara menyusui yang baik dan benar, apa saja yang diperlukan oleh ibu ketika menyusui, makanan apa saja yang bisa membantu memperlancar ASI, bagaimana pemberian ASI pada bayi jika ibunya bekerja hingga mitos-mitos seputar menyusui.

Dengan begitu diharapkan proses menyusui bayi akan berjalan lebih lancar karena ibu sudah siap dengan apa yang akan terjadi selama proses mengASI. Serta jika menemui kendala, ibu sudah siap dengan langkah-langkah yang harus diambil. 

Trust me, proses mengASI untuk pertama kalinya tidak semudah kelihatannya. Banyak yang harus kita hadapi, seperti pelekatan bayi yang belum sempurna hingga puting lecet dan terasa sakit hingga kurangnya rasa percaya diri akan cukup atau tidaknya ASI bagi bayi. Pokoknya, memberikan ASI merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan sekaligus penuh perjuangan. 

Jangan Lupa Cari Informasi Mengenai Bagaimana Menangani Bayi yang Baru Lahir

Sumber gambar: klikdokter.com

Meskipun nampak tenang namun bayi yang baru lahir terkadang bisa menimbulkan masalah bagi ibu yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Misalnya saja ketika bayi menangis terus menerus, otomatis sebagai ibu kita pasti panik, dong ya! Gimana enggak, coba? Bayi yang biasanya anteng, tidur terus, tiba-tiba nangis kejer, susah pula diamnya. Ternyata nih, bayi rentan terkena kolik, yang menyebabkan bayi menangis terus menerus. 

Atau saat bayi belum berusia 6 bulan namun suka menangis dan ingin menyusu terus menerus. Biasanya bagi ibu yang tidak tahu pasti berpikir bayi ingin makan makanan padat, sehingga pada akhirnya bayi mendapakan MPASI dini yang mana bisa membahayakan kesehatan bayi itu sendiri. Perlu diketahui bahwa setiap anak dari bayi hingga beranjak dewasa akan mengalami yang namanya growth spurt. Jadi wajar saja, jika pada satu waktu bayi ingin menyusu terus menerus atau pada anak-anak biasanya makan lebih banyak.

Belum lagi jika bayi mulai memasuki fase oral yang mana biasanya bayi hobi memasukan benda ke dalam mulut (biasanya dengan menghisap tangannya sendiri). Meskipun kelihatanya bukan aktivitas penting, namun tenyata penting bagi setiap bayi (hingga kanak-kanak) untuk melalui fase oral dengan baik.

Jadi, jangan lelah untuk selalu mencari tahu mengenai bagaimana mengawal tumbuh kembang bayi, ya Mom!

Ilmu Parenting Juga Penting untuk Dipelajari

Sumber gambar: marriage.com 
Meskipun sering diabaikan, ilmu parenting sangat membantu orangtua dalam mendidik anak, lho! Dengan ilmu parenting, orangtua akan lebih merasa percaya diri dalam mendidik buah hatinya. Selain itu orangtua juga bisa menyesuaikan cara mendidik buah hati dengan kepribadian si anak, sehingga jika ada masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan baik. Intinya dengan ilmu parenting, orangtua dilatih untuk mendidik anak dengan baik dan tidak asal-asalan. Oleh karena itu, siapkan diri sebaik-baiknya dengan mempelajari ilmu parenting sejak dini

Menjadi orangtua, apalagi orangtua baru memang tidak selalu mudah, namun dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya hal tersebut tentu akan sangat membantu dalam merawat dan membesarkan buah hati.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments