Resep Daging Sapi Oseng Mercon Ala Yogya, Pedasnya Nendang Di Lidah!

By Dewi M - October 23, 2018


Bagi penggemar masakan Yogya tentunya tidak asing dengan oseng-oseng mercon. Oseng-oseng yang pedasnya bikin ber-huh hah ria ini rasanya memang nendang banget. Meskipun pedas tapi pengennya nambah terus. Meskipun serasa digampar dan beresiko bolak balik toilet setelah menikmatinya tapi saya tak pernah kapok mencoba hidangan khas Yogya satu ini. Karena bagi saya makanan apapun akan terasa sedap dan enak jika rasanya pedas.

Salah satu oseng mercon yang menjadi favorit banyak orang adalah sapi oseng mercon. Menu satu ini juga laris manis di warung gudeg mercon yang biasanya menyajikan beragam sajian oseng mercon. Tapi, namanya di warung, apa-apa serba bayar. Biasanya nih kalau sudah ketemu sapi oseng mercon, enggak cukup makan satu porsi! (kalau ini emang dasar sayanya aja yang rakus. Hihihi). Bisa dibayangin, donk berapa tagihan yang harus dibayar sekali makan oseng mercon tersebut. 

Karena doyan banget, akhirnya adik ipar saya berinisiatif mencari tahu bagaimana cara membuat sapi oseng mercon seenak di warung. Setelah melalui trial and error ternyata bumbu yang diperlukan cukup 2 jenis saja, yaituuuuuu bawang merah dan cabai. Serius? Serius banget, Mom! Meskipun berbumbu minimalis, namun nyatanya sapi oseng mercon ala adik ipar sukses menggoyang lidah kami semua. Dengan bumbu yang sederhana, rasa daging sapinya justru lebih terasa dan rasanya juga jauh lebih ringan serta enak di lidah. Hasilnya, sekali makan pasti pengen lagi ... lagi ... dan lagi. 



Nah, daripada tambah penasaran langsung aja yuk kita intip resepnya di bawah ini:

Bahan yang harus disiapin:

Daging sapi kurang lebih 500 gr (potong kecil-kecil)
Air (dikit aja, ya!)

Bumbu:

10 biji cabai merah keriting
10 biji cabai tiung merah
10 biji cabai rawit
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu sapi

Kalau mommy enggak suka pedes banget, sampai berasa habis ditampar kalau makan oseng satu ini, jumlah cabai tiung dan cabai rawit bisa di kurangi, ya! Atau bisa juga tidak usah pakai cabai rawit biar pedasnya masih dalam level yang wajar dan biasa-biasa saja.

Selain itu jika ingin rasa yang lebih enak bawang merahnya bisa tambah. Semakin banyak bawang merahnya maka semakin lezat rasa yang tercipta. Untuk memudahkan proses pengulekan maka bawang merah dan juga cabai keriting saya potong kecil.

Cara membuatnya:

 

  1. Goreng bawang merah dan semua cabai setengah matang. Jika biasanya saat digoreng cabai meledak-ledak, maka Mommy bisa menusuk cabai terlebih dahulu menggunakan pisau sebelum digoreng. 
  2. Haluskan bawang merah dan cabai yang telah digoreng tersebut.
  3. Tumis kembali bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum.
  4. Masukkan daging sapi, tambahkan gula, garam, dan kaldu sapi. Jangan lupa diaduk hingga merata.
  5. Tambahkan sedikit air (gak perlu banyak-banyak ya, Mom!).
  6. Tunggu hingga air surut alias habis. Tes rasa.
  7. Daging sapi oseng mercon ala Yogya siap disajikan. 
Oia, Mom! Resep daging sapi mercon biasanya pakai tetelan. Di resep ini saya tidak menambahkan tetelan karena di samping Pak Suami kebetulan tidak terlalu suka, lauk ini juga dibawa sebagai bekal ketika kerja. Jadi kalau pakai tetelan, ditakutkan oseng merconnya bakalan ngendal (agak membeku) ketika dingin. Yang tentu saja merepotkan ketika akan dimakan, sedangkan untuk memanaskannya, sangat tidak memungkinkan, Oleh karena itu saya skip penggunaan tetelan kali ini. 

Hasilnya tentu berbeda, menurut saya sapi mercon yang menggunakan tetelan rasanya lebih mantap. Meskipun demikian, tanpa tetelan pun sapi oseng mercon ini tetap juara di lidah. Jika Mommy memutuskan menggunakan tetelan, sebaiknya daging direbus terlebih dahulu sebelum diolah. Agar teksturnya menjadi lebih lembut.

Yuk, Mom dicoba resepnya! Dijamin enggak bakalan nyesal.

Happy cooking


  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. Saya juga berasa digampar wkwkwkwk...
    Cabai tiung itu apaan sik? Cabai keriting bukan?

    ReplyDelete
  2. Bukaaan, bun. Cabai tiung tuh cabai yang biasa tuh, lho!

    ReplyDelete
  3. waduh sepertinya enak, bikin ngiler nih

    ReplyDelete
  4. Aku coba aahh.... Selama ini bikin gak sukses terus. Semoga Kali ini berhasil

    ReplyDelete