Resep Sayur Asam Ikan Haruan, Segarnya Bikin Nagih!

By Dewi M - October 16, 2018






Ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang digemari masyarakat Kalimantan Timur. Ikan kaya protein yang dikenal memiliki sejuta manfaat ini memang memiliki rasa yang lezat. Meski saya tidak begitu menyukai ikan, namun ikan haruan mampu membuat saya berubah pikiran. 


Tekstur dagingnya yang lembut dan tidak berbau amis membuat saya mulai melirik sajian ikan satu ini. Salah satu yang menjadi favorit saya adalah sayur asam ikan haruan. Sayur yang diolah dengan ikan bukanlah menu fevorit saya yang sedari kecil memang jarang sekali makan ikan. Pertama kali mencoba sayur asam ikan haruan adalah pada saat berkunjung ke rumah mertua.

 

Awalnya terbesit perasaan ragu, apakah saya akan menyukai sajian satu ini atau tidak? Soalnya nih, biasanya sayur dengan ikan akan terasa aneh di lidah saya, selain itu bau amis biasanya langsung menyeruak hidung saya yang agak sensitif jika bersinggungan dengan ikan. Tapi setelah mencicipinya sedikit, pikiran saya pun berubah seketika. Sayur asam ikan haruan berbeda dengan sayur ikan pada umumnya. Selain rasanya lebih segar, bau amis khas ikan tidak tercium. Malah aromanya enak sekali. Apalagi didampingi ikan asin dan sambal mentah bawang merah. Bikin lupa daratan, uuy!

Saking cintanya sama menu satu ini, akhirnya saya berusaha membuatnya sendiri di rumah. Resepnya tentu saja dari ibu mertua, Bumbunya lumayan beragam namun masih mudah didapat dan biasanya tersedia selalu di dapur. Pendek kata bumbunya mudah dan enggak ribet. 


Rupanya nih, mom. Agar sayur asam ikan haruan yang kita olah tidak amis, sebaiknya tidak menambahkan gula ke dalamnya. Selain itu didihkan air dengan durasi yang lebih lama sebelum memasukkan ikannya. Selain itu kucuri ikan haruan yang telh dibersihkan dan dipotong-potong dengan jeruk nipis sebelum mengolahnya. Yang unik dari sayur ini adalah penggunaan ubi rambat atau boleh diganti singkong sebagai tambahan.

Oia, bumbu juga sebaiknya dihaluskan menggunakan cobek. Karena konon rasanya akan berbeda jika dihaluskan menggunakan blender. Rasanya enggak akan senendang bumbu yang diulek manual. Percaya gak percaya, sih! Daripada sayur beresiko tak seenak yang pernah dicoba, turuti aturan yang berlaku. Hehehe

Karena saya tidak terlalu menyukai ubi ataupun singkong yang disayur, maka kali ini saya skip penggunaannya. Meskipun demikian rasa dari sayur asam ikan haruan ini tetap enak, kok!

Berikut resep dan cara mengolahnya:

Bahan:
1 ikat kangkung (siangi)
1/4 kg ikan haruan
Perasan jeruk nipis
Asam jawa sedikit saja
Air secukupunya

Bumbu halus: 
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih 
1 ruas jari kunyit
3 butir kemiri
Terasi secukupnya

Bumbu lainnya:
Lengkuas (geprek)
Serai (geprek)
Garam 
Kaldu jamur atau MSG 

Cara membuat:
  1. Rebus air dan asam jawa hingga mendidih, biarkan mendidih agak lama. Kemudian masukan ikan haruan yang telah dipotong-potong dan dikucuri dengan perasan jeruk nipis, masukan pula bumbu halus beserta lengkuas dan serai. Tunggu hingga air mendidih kembali dan biarkan mendidih sedikit lebih lama.
  2. Setelah air mendidih masukan kangkung. Jangan lupa tambahkan garam serta kaldu jamur. 
  3. Tes rasa, ya Mom! Biar makin yakin kalo rasa sayurnya sudah oke. 
  4. Tunggu hingga kangkung layu, kemudian matikan kompor. 
  5. Sayur asam ikan haruan siap disajikan. 
Jika kamu adalah penyuka pedas maka bisa menambahkan cabai ke dalam bumbunya. Rasanya tentu jadi semakin nikmat.
Selamat mencoba!

  • Share:

You Might Also Like

32 comments

  1. Makasih resepnya bun, lumayan untuk refrensi masakan ikan :D

    ReplyDelete
  2. kupikir kayak sayur asam di jawa. Ini pakai kangkung. Kapan2 coba ah, tapi di sini ikan gabusnya mahal. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini lebih kaya rasa, bun. Tapi segarnya sama kok. Hehehe

      Delete
  3. saya justru pencinta ikan, liat resepnya kayaknya seger mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger dan enak, mbak. Yuk, dicoba resepnya

      Delete
  4. Pengen cobain resepnya. Pas banget kan panas2 makan sayur asem gini. Segeeerrr...

    ReplyDelete
  5. Wow..boleh juga nih di coba.
    Pasti ueanak rek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk, dicoba. Jangan sampai lupa diet ya, bun. Hehehe

      Delete
  6. bikin ngiler mbak.... saya juga suka , kalau orang banjar bilang "gangan asam iwak haruan", mantaplah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayurnya bikin habis nasi sebakul, ya bun. Hehe

      Delete
  7. Replies
    1. Yuk, masak sayur asam satu ini, bun. Hehehe

      Delete
  8. aihhh jadi laper :D


    di blog ku belum ada resep apa2, ketauan sering masak tanpa resep hahahah
    https://www.ngerayau.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah keren. Kalau saya gak bisa masak kalau gak pakai resep. Hehehe

      Delete
  9. Nyessss. Pengen coba. Kalau di ganti sama ikan yang lain bisa nggak sih pakai resep ini..
    Terus, kalau nggak harus menggunakan asam jawa apakah rasanya tetap enak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diganti pakai ikan sungai lainnya, bun. Kalau gak pakai asam jawa kemungkinan rasa asamnya kurang terasa. Kalau saya biasanya, saya tambahkan terong asam (terong yang bulat berwarna orange). Tapi terong itu musim2an.

      Delete
    2. Wahhh saya di panggil bun. Btw, belum nikah lho mbak... ☺
      Jadi, bisa untuk berbagai jenis ikan ya mbak. Ok, makasih ilmunya.. kapan" pengen coba... 😊

      Delete
    3. Maafkan, mbak! Efek kenyakan bergaul sama emak2 jadi kebiasaan manggil semua dengan "Bun". Hihihi

      Semoga mbak Ananda Fitriana disegerakan bertemu jodohnya. Aamiin

      Delete
  10. Kalau minta dikirimi yang udah mateng aja boleh nggak mbak? #nggak bisa masak 🙈🙊

    ReplyDelete
  11. Ikan haruan itu sama dng ikan patin gak mba? Klo gak ada bisa d ganti ikan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, mbak. Ikan haruan nama lainnya ikan gabus.

      Delete
  12. Ikan haruan mirip ikan patin ya?

    ReplyDelete
  13. Oo,ikan gabus. Asyik.rekomended banget ni.terimakasih resepnya mbak.ijin screenshoot ya 😊

    ReplyDelete