Matcha Latte Ala Chocolatos, Hangat atau Dingin Sama-sama Nyegerin!

By Dewi M - November 21, 2018

Review Chocolatos Rasa Matcha Latte

Matcha latte, salah satu minuman manis favorit saya. Menyeruput teh hijau yang creamy membuat mata yang tadinya ngantuk menjadi melek seketika, bahkan ketika cuaca sedang gerah-gerahnya matcha latte bisa banget jadi pelepas dahaga yang menyegarkan dan mampu menaikkan semangat. Ya, saya lebih senang menikmati matcha latte versi dingin.

Seiring dengan rasanya yang menghanyutkan penikmatnya, pun demikin dengan harganya. Untuk segelas matcha latte dingin di booth penjual aneka minuman dingin langganan saya dibanderol dengan harga Rp18.000. Cukup menguras isi dompet, bukan? Untuk sekali minum, saya harus mengeluarkan Rp18.000. Lumayan, kan? Bisa buat beli beras sekilo, masih ada kembaliannya pula. Harga yang lumayan tersebutlah, yang akhirnya harus memisahkanku dari segarnya si hijau nan creamy ini. Demi menghemat uang belanja, saya tidak bisa menikmati minuman ini sering-sering. Sedih? Iyalah, wong saya penggemar berat jenis minuman satu ini. 

Tapi untungnya kesedihan saya kini terhapuskan. Pasalnya beberapa hari yang lalu saat belanja bulanan, mata saya tertuju pada salah satu bungkus minuman instan. Bungkusnya yang berwarna hijau dengan merk Chocolatos bener-benar membuat mata saya melirik untuk kedua kalinya. Brand pemilik produk wafer stik dengan isian krim coklat yang terkenal dengan taglinenya "Mamma Mia Lezatos" ini memang mengeluarkan produk minuman instan sasetan. Hanya saja, yang saya tahu sejauh ini Chocolatos hanya mengeluarkan minuman instan rasa cokelat, sesuai dengan mana yang selama ini mereka usung

Review Chocolatos Rasa Matcha Latte

Melihat kemasan warna hijau dengan merk Chocolatos tentu saja cukup membuat saya kaget. Tapi, saya tak salah lihat. Benar, Chocolatos mengeluarkan varian baru rasa matcha latte untuk minuman instan ini. Berhubung saya penggemar berat matcha atau greentea (teh hijau), tanpa ragu sedikitpun bungkusan tersebut berpindah ke dalam troli belanjaan. Apalagi produk-produk keluaran Chocolatos juga dikenal memiliki rasa yang berkelas, meskipun harganya terjangkau.

Jujur, pada awalnya saya tidak berharap banyak. Seperti halnya minuman saset lainnya, paling rasanya biasa saja, enggak bisa ngalahin matcha japan andalan saya. Apalagi ini rasa greentea, bukan cokelat seperti produk yang selama ini jadi ciri khas dari brand Chocolatos. Selain itu harga satu sasetnya juga lumayan murah sekitar Rp2400 (harga di Berau, Kalimantan Timur), kalau di pulau Jawa saya yakin harganya jauh lebih murah.

Setelah saya coba, ternyataaaaa ... rasanya tak seperti dugaan saya sebelumnya. Rasa matcha latte Chocolatos ini sangat enak. Perpaduan greentea sama krimnya terasa sekali. Awalnya saya mencoba menyeduhnya dengan air hangat saja seperti yang tertera pada kemasan. Aroma khas greentea yang harum dan menyegarkan langsung menyeruak begitu kemasan dibuka. Serbuk minuman pun gampang sekali larut dan tidak menggupal ketika diseduh dengan air hangat.

Soal rasa, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, rasanya sungguh menggoda. Nikmatnya teh hijau berpadu dengan creamer terasa pas di lidah, tidak berlebihan. Dari seruputan pertama saja, lembut creamernya langsung terasa. Sepengetahuan saya mencoba berbagai minuman saset instan, biasanya meninggalkan rasa sedikit pahit setelah diminum. Tapi tidak dengan matcha latte Chocolatos ini, manisnya pas dan tidak meninggalkan rasa pahit. Rasanya benar-benar murni, tidak seperti rasa minuman instan pada umumnya. Bahkan menurut saya, rasa matcha latte Chocolatos ini terkesan mewah, tak kalah dari minuman ala cafe.

Review Minuman Chocolatos Rasa Matcha Latte

Jika diseduh dengan air hangat saja, rasanya sudah sedemikian nikmatnya. Pasti minuman ini enak juga dibuat versi dinginnya, seperti matcha latte yang biasanya saya beli di booth penjual aneka minuman dingin dengan harga selangit itu. Awalnya saya hanya menyeduhnya dengan sedikit air hangat dan menambahkan air dingin serta es batu. Namun, menurut saya rasanya kurang nendang. Enak sih, tapi cenderung biasa saja. Jika diseduh dengan air biasa, menurut saya lebih enak versi hangatnya.

Seketika naluri emak-emak dalam diri saya yang doyan bereksperimen di dapur muncul. Setelah sejenak berpikir dan mengira-ngira bahan apa yang cocok dipadukan dengan minuman satu ini, pilihan saya jatuh pada teh. Alih-alih menyeduh menggunakan air putih hangat, saya mencoba menyeduh matcha latte Chocolatos menggunakan air teh untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan keinginan saya. Tak sia-sia, rasa greentea dan creamernya tetap terasa di lidah meskipun ditambahkan es batu. Yees, Matcha latte seenak yang biasa saya beli pun bisa saya nikmati di rumah. Jelas harganya jauh lebih murah, jadi saya bisa menikmati minuman kesukaan saya kapanpun saya mau tanpa perlu takut dompet terkuras isinya. 

Review Minuman Chocolatos Rasa Matcha Latte

Berikut resep matcha latte ala Chocolatos hasil eksperimen saya sendiri:

Bahan:
1 sachet Chocolatos rasa matcha latte
1/2 gelas teh dingin
Air hangat secukupnya
es batu secukupnya

Cara membuat:
1. Buka bungkus Chocolatos rasa matcha latte, seduh dengan sedikit air hangat. Aduk hingga rata.
2. Setelah minuman tercampur rata, tambahkan teh dingin dan aduk kembali. 
3. Masukkan es batu. Segera minum, mumpung masih dingin.

Viola, matcha latte dingin dengan creamer lembut menggoda siap nyegerin harimu. Cara membuatnya pun mudah dan anti ribet. Rasanya enggak kalah enak dengan minuman sejenis yang harganya mahal itu, lho! Kalau bisa buat sendiri, kenapa mesti beli. Thanks God, akhirnya saya bisa menikmati matcha latte dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Girang banget, dah pokoknya! Hehehe

So, bagi kamu pecinta greentea. Minuman instan dari Chocolatos ini sayang banget untuk dilewatkan. Rasanya yang greentea banget benar-benar bisa memanjakan lidahmu. Apalagi kamu bisa mengkreasikannya menjadi minuman favoritmu. Saya aja langsung jatuh cinta dengan lembutnya rasa matcha latte Chocolatos ini. Yakin kamu enggak mau coba?

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Seger nih, siang-siang minum ini pake es.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain bikin, mbak! Rasanya nyess banget di tenggorokan.

      Delete
  2. Coba ah. Eh, tapi kayaknya lebih enak kalau dibuatkan olehmu, Bun.....*malas ngeles, hehehe

    ReplyDelete
  3. Chocolatos yg ini blom pernah nyoba biasany yg coklat
    Nanti nyoba mb

    ReplyDelete
  4. Pagi, wah seger nich chocolatos rasa gren tea, rasa coklatnya ada juga ya, Mba.

    ReplyDelete
  5. Baru liat aja udah terasa dingiiiin tenggorokan,kebetulan cuaca ditempatku lumayan panas hari ini, boleh di coba ni mbak.😊

    ReplyDelete
  6. Udah beliiii..tapi masih nongkrong di wadah stok makanan..hahahah...

    ReplyDelete
  7. Minuman kesukaan saya juga mbaaa. Kalau di Jakarta harga persachet 2 rb an. Cuaca hujan cocok minun ini hehehehe

    ReplyDelete
  8. Aku belum coba ini, kalau chocolatos yang dark udah. Enak lho

    ReplyDelete
  9. Aku pernah nyobain ini. Hm ... wangi. Suka deh.😊

    ReplyDelete
  10. orang tuh pada suka matcha kok aku nggak bisa suka ya. aneh gitu rasanya menurutku

    ReplyDelete
  11. Hmm, kreatif banget mb Dewi, hmmm ... ngeces saya

    ReplyDelete
  12. Jadi tertarik sama resep es ala ala nya mbak mae.
    Pas, suami dan anak2 sukanya minum dingin2...

    ReplyDelete
  13. Aku sukaaa yang serba matcha beginiiiii

    ReplyDelete