Serunya Ngeblog Bagi Ibu Rumah Tangga Full Time

By Dewi M - November 09, 2018

Ngeblog Bagi Ibu Rumah Tangga, Dewi Mae

Apa yang ada dalam pikiranmu saat mendengar kata "ibu rumah tangga full time"? Bagi sebagian orang mendengar kata-kata tersebut mungkin saja akan terbayang betapa membosankannya kehidupan seorang wanita yang memutuskan untuk mengambil peran menjadi seorang ibu rumah tangga saja tanpa bekerja di luar rumah. Namun, sebagian lainnya mungkin saja tidak berpikir demikian. Bagi mereka menjadi ibu rumah tangga full time terdengar menyenangkan.

Tak ada yang salah dengan dua pendapat di atas. Yap, menjadi ibu rumah tangga full time memang bisa jadi membosankan. Tetapi jika kamu sudah pandai mencari celah dan membagi waktu, menjadi ibu rumah tangga merupakan hal yang paling membahagiakan yang bisa kamu dapatkan. Masa, sih? Kok bisa? Ikuti terus artikelnya, ya!

Menjadi Ibu Rumah Tangga Full Time Membosankan?


Di awal saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan karena ternyata saya divonis sedang mengandung anak pertama, tentu saja hati ini mendadak galau setengah mati. Tapi, bagaimana lagi? Saya tidak punya pilihan lain. Kondisi saya saat itu tidak memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan karena morning sickness yang lumayan parah, maka dengan berat hati saya mengambil keputusan untuk berhenti.

Hari-hari yang biasanya diisi dengan kesibukan di tempat kerja, kini berganti dengan kesunyian. Jika biasanya saya bisa ber haha-hihi dengan teman disela-sela pekerjaan, ketika memutuskan untuk resign, di rumah saya hanya di temani suara dialog para aktor ftv yang mengejar cinta hingga keblinger dari pagi sampai sore. Sumpah, itu membosankan sekali! Tapi, itu dulu. Kalau sekarang?

Sekarang saya justru bersyukur dengan keputusan yang saya ambil, malah terlalu asyik jadi ibu rumah tangga. Pernah sih terpikir untuk come back ke dunia kerja setelah anak sudah besar, tapi nyatanya sampai sekarang (anak sudah 2), keinginan untuk kembali berkarir menguap begitu saja. Sempat beberapa kali dapat panggilan kerja, namun dengan senang hati saya skip.

Lalu apa sih bagian menyenangkannya jadi ibu rumah tangga full time? Seru tau, jadi ibu tangga, aja! Bisa memantau serta mengawal tumbuh kembang anak-anak, itu sudah pasti. Di samping itu banyak keuntungan lain yang bisa di dapatkan, salah satunya adalah tersedianya waktu yang cukup panjang untuk menyalurkan hobi. Nah, kegiatan satu ini ampuh banget untuk membunuh rasa bosan yang biasanya melanda para ibu rumah tangga.

Saya sendiri memilih untuk aktif menulis setelah menjadi ibu rumah tangga. Siapa sangka dari hobi tersebut ada banyak pengalaman yang bisa saya dapat. Bersyukurlah kita yang hidup di era digital, di mana teknologi sudah sangat maju dan mempermudah manusia untuk melakukan segala sesautu, termasuk mendukung hobi yang kita miliki. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kemampuan menulis saya terus berkembang, salah satunya adalah dengan ngeblog atau blogging.

Siapa sangka dengan ngeblog dunia saya justru semakin seru, semakin berwarna, dan semakin luas meskipun saya tak menapakkan kaki keluar rumah. Berbekal gawai, laptop, dan koneksi internet saya sudah bisa menjelajahi dunia luar tanpa batas.

Apa sih Serunya Ngeblog?

Ngeblog Bagi Ibu Rumah Tangga, Dewi Mae

Bagi ibu rumah tangga seperti saya yang tidak bisa jalan-jalan sesuka hati kapan pun menginginkannya, ngeblog adalah salah satu cara untuk melepas penat setelah disibukkan dengan urusan domestik. Menulis di blog pribadi juga menjadi sarana curhat yang ampuh buat saya, seperti yang saat ini saya lakukan.

Selain itu ada beberapa keseruan lain dari ngeblog, yang pastinya bikin kamu mupeng, diantaranya:

1. Menebarkan Kebaikan

Tak hanya curhat, melalui tulisan yang diposting di blog kamu bisa ikut menebarkan kebaikan. lho Dear! Bukan tidak mungkin tulisanmu membantu serta menginspirasi banyak orang. Daripada ngerumpi di teras rumah tetangga sebelah, mending tuangkan unek-unekmu di blog disertai dengan tulisan yang sarat informasi tentunya. Dengan begitu rasa bosan teratasi sekaligus menghindarkanmu dari kegiatan yang unfaedah (tidak memiliki manfaat), kalau kata anak milenial.

2. Sarana Me Time

Tak dapat dipungkiri, terkadang terselip rasa bosan di hati tak kala tubuh merasa lelah dengan rutinitas harian. Kalau sudah begitu tandanya kita perlu mengambil waktu sejenak untuk me time. Bagi saya me time bukan hanya sekadar mengambil jeda waktu untuk berleha-leha tanpa melakukan aktivitas apapun. Melepas penat banyak caranya. Salah satu cara yang saya pilih adalah dengan menulis. Biasanya setelah menyelesaikan satu tulisan di blog, hati akan terasa tenang dan semangat yang tadinya meredup seketika nyala kembali.

Jika ada waktu senggang, misalnya saat anak sedang tidur siang, saya memilih untuk ngeblog. Begitu juga saat anak-anak sudah terlelap di malam hari, saya akan mengambil waktu sejenak untuk menyelesaikan tulisan serta menuliskan ide-ide baru di buku catatan. Dengan demikian hati saya akan terus bahagia dan kewarasan pun tetap terjaga. Emak bahagia, anakpun bahagia.

3. Mendapatkan Teman Baru

Mendapatkan teman dari ngeblog merupakan salah satu keseruan tak terduga. Dulu saya tak menyangka bahwa saya akan mendapatkan teman dari berbagai daerah di Indonesia hanya karena ngeblog. Ya, banyak komunitas menulis ataupun komunitas bloger yang bisa kamu ikuti di jagat maya ini, Dear! Kamu juga bisa memperluas pergaulanmu di dunia maya dengan rajin blogwalking serta meninggalkan komentar positif di postingan sesama bloger.

Percaya, deh! Bukan tidak mungkin mereka yang menjadi temanmu di dunia maya justru akan berlanjut menjadi sahabat yang siap membantu serta menemani langkahmu untuk maju di dunia kepenulisan, dunia blogging khususnya. Selain itu, banyak event yang diadakan oleh komunitas bloger sebagai wadah berkumpulnya para bloger di dunia nyata.

4. Berpeluang Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah

Tak hanya mewarnai kehidupan pribadimu, ngeblog juga bisa menyasar rekeningmu. Bisa jadi dengan aktif ngeblog rekeningmu lambat laun akan semakin gendut. Menyadari bahwa zaman telah beralih ke era digital, tak sedikit perusahaan yang memilih menempatkan iklan di blog. Bahkan tak jarang pelaku usaha juga yang melirik para blogger untuk mempromosikan barang dagangannya dengan meminta review. Fee yang ditawarkan juga lumayan menggiurkan, paling tidak bisa buat beli lipstik yang warnanya awet di bibir itu, lho!

Gimana? Seru banget, kan! Ternyata ibu rumah tangga tidak hanya bisa berpangku tangan mengharap gaji bulanan dari suami. Ibu rumah tangga juga bisa mendulang rupiah meskipun di rumah mengurus buah hati serta urusan domestik lainnya.

Bagaimana Caranya Memulainya?

Ngeblog Bagi Ibu Rumah Tangga, Dewi Mae

Menilik keseruan yang bisa didapatkan dari ngeblog, tak sedikit ibu rumah tangga yang tertarik untuk terjun ke dunia blogging. Namun, salah satu kendala yang biasa di alami oleh para emak berdaster adalah tidak mengerti bagaimana cara membuat blog, belum lagi mengenai cara mempercantik blog. Biasanya nih, emak-emak mana mau blognya setengah-setengah. Pastinya pengen punya blog dengan Top Level Domain atau TLD (blog dengan akhiran .com, .co, .net, dan lainnya) yang tampilannya juga kece abis.

Eiits, tak perlu khawatir, banyak jalan menuju Roma, Dear! Tak perlu jadi ahli IT untuk bisa bikin blog, cukup klik link ini, ya Dear! Ikuti petunjuk yang ada. Kamu bakal diarahkan untuk membuat blog dari nol hingga bisa memiliki blog professional. Selain cara membuat blog, kamu juga bakal disuguhi informasi yang lengkap seputar blog. Mulai dari beberapa ide yang bisa dipilih untuk blogmu, mempercantik blog, hingga bagaimana cara optimalisasi SEO. Lengkap sekali, bukan! Sekali klik banyak ilmu yang bisa kamu dapat.

Kalau blog udah jadi, tinggal isi dengan tulisan-tulisanmu yang menginspirasi. Biarpun kamu di rumah dengan ngeblog karyamu bisa dibaca ribuan orang di luar sana. Keren, kan!

Ngeblog, Lebih Baik Gratis Apa yang Berbayar?


Pertanyaan ini pernah saya dapatkan dari salah satu rekan yang berminat menjadi bloger. Bahkan diawal terjun menjadi bloger pun saya sempat mengajukan pertanyaan yang sama pada teman sesama bloger. Singkat cerita, blog dengan domain gratis atau berbayar memiliki keuntungan masing-masing. Blog gratisan tentu saja sedikit meringankan dompet, karena kamu tak perlu mengeluarkan biaya apapun selain biaya internet. Sedangkan untuk blog dengan TLD, kamu wajib membayar biaya hosting dan domain setahun sekali. Besarannya pun bervariasi, tergantung di mana kamu membelinya.

Meskipun demikian, keuntungan yang akan didapat dari domain berbayar (Top Level Domain/TLD) jauh lebih banyak, diantaranya: blog kamu terlihat profesional sehingga mudah untuk mendapatkan tawaran bisnis, dan kamu juga bisa dengan mudah membangun personal branding. Banyak, lho tawaran bisnis untuk bloger yang mewajibkan blog dengan TLD. Jadi, hasil dari ngeblog bisa buat bayar biaya domain tersebut. 


Ngomong-ngomong, berapa sih besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli domain? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa harga domain tergantung di mana kamu membelinya. Biasanya harga berkisar antara Rp.100.000 - Rp.250.000. Ssst, tapi kalau kamu mau beli hosting dan domain dengan harga miring, ada lho tempatnya! Saat ini DomaiNesia sedang mengadakan promo untuk pembelian hosting dan domain. Kamu bisa mendapatkan blog dengan TLD dengan harga murah meriah di website penyedia domain tersebut.


Masuk saja ke websitenya DomaiNesia, silahkan klik di sini. Kamu bisa memilih hosting dan domain yang harganya sesuai dengan budget. Cara ordernya juga mudah banget, tinggal ketik nama domain yang diinginkan di kolom "search" dan akan muncul apakah domain tersebut tersedia atau tidak, lengkap beserta harganya. Meskipun lebih murah daripada penyedia hosting dan domain lainnya, layanan DomaiNesia sudah terpercaya. Hal tersebut dapat dilihat dari banyak testimoni yang diberikan oleh para pengguna (dapat dilihat di website DomaiNesia). 

Dengan penyedia domain yang profesional kegiatan blogingmu pun akan semakin seru dan jauh dari gangguan-gangguan teknis. Yuk, isi harimu dengan kegiatan yang menyenangkan serta mendatangkan manfaat bagi orang sekitar! Meskipun tidak kerja kantoran, bukan berarti kamu tak bisa eksis. Dengan DomaiNesia, ibu rumah tangga full time juga bisa berkarya melalui kegiatan blogging.



  • Share:

You Might Also Like

35 comments

  1. Saya pribadi selaluuu saluttt mbak sama ibu rumah tangga yg bisa membagi waktu untuk banyak hal. Kecee super istimewaaa gtu, terus semangaaat ngeblognya ya mbak, terus menebar kebaikan. Menulis selalu jd sarana healing paling menyenangkan :D salam kenal juga mbaak :D uda saya follow blognya, kecee :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak sudah mampir, mbak!

    ReplyDelete
  3. Tepat sekali ngeblog itu mengasyikan ya..., Saya baru saja menikmatinya sbg me time..
    Alhamdulillah banyak positif di dapat..,dpt ilmu, info terbaru dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, mbak. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hehehe

      Delete
  4. Yess, sepakat denganmu Dear. Nge-blog memang salah satu aktivitas yang cocok bagi seorang ibu rumah tangga. Saya juga full time at home dan seringkali dibanjiri pertanyaan bahkan terkadang ada yang kasihan melihatku tinggal seorang diri di rumah sementara suami dan anak ke sekolah. Padahal, belum tahu dia kalau meski di rumah tapi wawasan serta buah pikiran kita bisa mendunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Mereka kadang asal menilai saja. Tanpa mau melihat lebih dalam.

      Delete
  5. Now, iam also blogger mbak. Semoga bisa istiqomah. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Now, iam also blogger mbak. Semoga bisa istiqomah. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banyak mbaaaaa buat inspirasinya, saya baru 2 minggu jadi full time wifey berasa lebih bergairah produktif di rumah. Semangat terus ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga buat mbak! Insya Allah apa yang kita pilih adalah yang paling tepat.

      Delete
  8. Iam a proud fulltime mother!
    Makasiih infonya Mbaak, inspiratif 😊

    ReplyDelete
  9. Mau ngikut lomba nulis & beli hosting di domainesia belum jadi wkwkwk, padahal sesama di jogjahhh πŸ˜‚
    Lebih penting komen di blogmu lah dear 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak, bun Has! Ku terharu! Tapi ... Buruan bikin artikelnya, jangan gak ikut deh.

      Delete
  10. Asyik..walau aku tidak bisa maksimal😁 tapi salut dengan ibu2 muda yg luar biasa.

    ReplyDelete
  11. Ternyata memang menyenangkan ya mb, apalagi bisa sambil ngeblog gini..
    Dulu taunya bakal membosankan. Hehhe

    ReplyDelete
  12. Yess nulis itu me timeeee banget buatkuu. Berasa hampaa gitu kalo sehari aja keskip nulis. Eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menulis itu seru pakai banget. Bisa curcol sekalian. Wkwkwk

      Delete
  13. saya juga beberapa bulan yang lalu resign
    Pengin fokus nulis dan belajar bisnis dari rumah
    Dan memang blogging dan dunia kepenulisan tidak membuat otak kita macet
    Sebab klo nggak nulis ya pasti baca. InsyaAlloh, untuk pundi-pundi uangnya semoga segera nyusul.

    ReplyDelete
  14. Setuju bangget mb,, dengan ngeblog mudah2an kita bisa berbagi manfaat dan insya Allah pundi2 uang menyusul
    Aamiin πŸ˜‡

    ReplyDelete
  15. Mbak, aku pengen banget bsk jadi ibu rumah tangga full time sambil ngeblog, udah cape kerja kantoran hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mbak Meta. Sebenarnya jadi IRT atau kerja kantoran sama2 asik kok asal kita menikmatinya. Hehehe

      Delete
  16. Hidup ibu-ibu rumah tangga! :P saya juga merasa beruntung meski kelihatannya "pekerjaan" kita membosankan, tapi mengisi waktu dengan blogging jadi lebih produktif. Apalagi kalau dapet keuntungan positif juga ya.

    ReplyDelete
  17. Semenjak kenal blog, saya juga jadi betah. Akhirnya pakai TLD juga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak! Banyak teman baru gara2 ngeblog

      Delete
  18. Jd ibu rumah tangga seru g perlu mikir macet n office politic
    Bisa kerja sambil liat anak xixixi
    Salah satuny yg sekarang lg happening emng ngeblog y mb

    ReplyDelete
  19. Jadi ibu rumah tangga kalau cuma nonton FTV doang atau nongkrong sama tetangga yaaa garing banget hidupnya. Tapi kalau mau do something macem blogging, jadi ada hal lain yang bisa memicu adrenalin.

    Deadline kejar tayang postingan salah satunya. Wkwkwk

    ReplyDelete